Apa itu BaZi


BaZi (八字) secara harafiah artinya adalah Delapan Aksara / Huruf / Karakter (Hasta Aksara), dikenal juga dengan nama 4 Pilar, adalah salah satu ilmu astrologi Cina yang populer dan telah digunakan sejak dahulu untuk menghitung/membaca kehidupan seseorang. Disamping BaZi pembacaan yang populer lainnya dalam astrologi Cina adalah Zi Wei Dou Shu.


Bazi berasal dari kata Shēng Chén Bā Zì (生辰八字) yang berarti 8 Karakter dari Waktu Lahir. Sedangkan 4 Pilar menunjuk kepada istilah Cina: Sì Zhù Mìng Li Xué (四柱命理學) yang berarti Studi tentang Prinsip 4 Pilar Kehidupan. Ada 10 Batang Langit (Tiān Gān 天干) dan 12 Cabang Bumi (Dì Zhī 地支), dimana 12 cabang bumi ini dikenal juga secara luas sebagai 12 zodiak binatang (shio).


BaZi sangat ilmiah, universal dan memiliki logika matematik & statistik di dalamnya, keilmuannya dimulai dari ribuan tahun sebelumnya, dimana disusun dan dipopulerkan oleh Xú Zi Píng (徐子平) dari awal dinasti Song Cina, dan terus disempurnakan melalui riset sampai sekarang.


Prinsip dasar BaZi adalah menggunakan konsep perpaduan Yin dan Yang dengan 5 Fase / 5 Elemen (Kayu – Api – Tanah – Logam – Air). Cara kerjanya adalah dengan merumuskan Tanggal & Jam Lahir seseorang menjadi 4 Pilar : Pilar Jam, Pilar Hari, Pilar Bulan, dan Pilar Tahun, dimana setiap pilar terbentuk dari dua aksara mandarin untuk mewakili Energi Batang Langit (Heavenly Stems) di atas dan Energi Cabang 

Bumi (Earthly Branches) di bawahnya. Informasi ini membentuk formasi kelahiran / susunan lahir yang digunakan untuk membaca Peta / Grafik Kehidupan seseorang.


Menurut Bazi, dipercaya bahwa pada saat seseorang lahir energi kosmik khusus/unik dicharge/direkam ke dalam tubuh metafisik masing-masing orang, sehingga seseorang mempunyai DNA kosmik metafisik yang unik, disamping DNA Fisik unik yang diperoleh secara genetis dari kedua orang tuanya. Penelitian tentang energi waktu, hari, bulan & tahun ini kemudian informasinya dikompilasi kedalam bentuk kalendar 10.000 tahun almanak Cina (Wan Nian Li 萬年曆).


Sehingga penentuan bentuk 4 pilar diambil masing-masing datanya dari kalendar 10.000 tahun tersebut. Penentuan Format kelahiran Bazi juga berbeda untuk pria dan wanita, dan berbeda untuk lokasi tempat lahir yang berbeda. Dengan demikian, hampir dipastikan semua orang memiliki Peta/Grafik Kehidupan yang unik, dimana terdapat sekitar 1 juta lebih kombinasi di seluruh dunia. Jarang sekali ada dua orang yang memiliki delapan aksara serupa 100% kecuali kembar lahir di jam sama dan berjenis kelamin sama. Oleh karena ini, jarang ditemui orang yang memiliki perjalanan kehidupan yang serupa, meski dengan tanggal lahir yang sama.


Dengan menganalisis format struktur, letak, kekuatannya, serta sifat dan hubungan antar elemen di dalam Delapan Aksara (BaZi) diri kita; kita dapat mengetahui banyak informasi mengenai siklus/fase perjalanan hidup (nasib) seseorang, bagaimana sifat & karakter kita, bakat yang dimiliki, kesehatan, keuangan, karir, bisnis, pendidikan, asmara, hubungan dengan orang lain (pasangan, keluarga, teman, rekan kerja, dll), masalah bisnis, hukum, perilaku anak, dll. Analisis BaZi bertujuan untuk membantu mengerti diri Anda lebih baik dalam arti mengetahui kemampuan potensial dalam diri Anda sendiri, dengan demikian bisa membantu untuk mencapai hasil hidup maksimal dan optimal. Kami percaya jika Anda mengetahui gambaran perjalanan nasib Anda potensi kurang baik, maka Anda akan dapat mengetahui cara untuk memperbaikinya, dan sebaliknya jika nasib Anda potensi baik Anda dapat meningkatkannya.


BaZi atau analisis keberuntungan tidak ditujukan semata sebagai alat untuk pembacaan keberuntungan. Tujuan utama dari pembacaan BaZi adalah untuk menolong pengambilan keputusan melalui informasi yang tersedia dan mengetahui apa saja pilihan-pilihannya. BaZi bukan saja dapat melihat masa lalu, sekarang, tapi juga memberikan kesempatan melihat ke masa depan dan menilai pilihan-pilihan yang akan kita pakai. Nasib seseorang tidaklah ditakdirkan, ada di tangan kita sendiri, dan keputusan yang kita pilih mempengaruhi kehidupan kita di masa depan.


Faktor keberuntungan merupakan salah satu faktor yang sulit diabaikan dan seringkali kesempatan bagus terlewat begitu saja dalam kehidupan kita. Dengan pembacaan siklus keberuntungan melalui BaZi, diharapkan kita akan memperoleh gambaran/informasi tambahan yang sangat membantu dalam pengambilan keputusan, yang di mana selalu kita hadapi dalam situasi penuh ketidakpastian.


Melalui informasi analisis kehidupan BaZi, akan membantu mengoptimalkan potensi kita dalam menghadapi ketidakpastian. Analoginya seperti hasil ramalan dari BMKG membantu kita mengantisipasi perubahan cuaca, iklim atau gempa dengan membuat peringatan dini sebelum terjadinya masalah, atau kapan masalah timbul dan kapan masalah akan selesai. Informasi ini bisa kita gunakan untuk sedia payung sebelum hujan, untuk antisipasi jika benar terjadi. Segi positifnya, dari analisis BaZi bukan saja kita dapat mengetahui, tetapi kita dapat menghindari ataupun meminimalkan masalah .


TIGA JENIS NASIB

 

Teori Sanming (3 nasib) merupakan salah satu teori yang dijadikan patokan dalam pelajaran ilmu analisa nasib (Suanming). 


Analisa yang dilakukan oleh Advanced bazi Analysis (Gaoteng Bazi Fenxi) juga berpatokan pada teori tsb. Bila kita perhatikan,paling tidak ada dua buku bazi klasik yang menjadi pegangan para praktisi akhli yang memakai istilah Sanming pada judulnya.


Buku pertama adalah Luoluzi Sanming Xiaoxifu (Syair-syair Luoluzi tentang fluktuasi ke tiga jenis nasib). Buku ini sangat populer dikalangan para akhli bazi diawal jaman dinasti Song utara (960-1127). 


Xu Ziping, yang namanya dipakai dalam analisa nasib bazi Ziping,merupakan seorang akhli Bazi yang disinyalir pernah menulis sebuah komentar tentang isi buku ini. Hingga saat ini komentar itulah yang dianggap sebagai tulisan resmi dari Xu Ziping mengenai pelajaran bazi. Buku yang kedua adalah Sanming Tonghui yang ditulis oleh Wan Minying. Beliau juga dikenal dengan sebutan Wan Yuwu dan merupakan seorang pejabat pada jaman dinasti Ming (1368-1644). Sampai saat ini,buku Sanming Tonghui masih dijadikan pegangan oleh banyak praktisi Bazi. Buku tsb bisa dikatakan merupakan suatu compendium atau ensiklopedia tentang bazi. Disamping membahas hal-hal yang umum diketahui oleh praktisi bazi,buku tsb juga menyinggung hal-hal lain yang jarang dibahas seperti misalnya pengaruh dari tempat lahir seseorang terhadap perjalanan nasibnya. Adanya pembahasan tentang hal ini menyebabkan kita bisa memahami mengapa orang yang dilahirkan pada waktu yang sama tapi berbeda tempat lahirnya,akan mempunyai jalan hidup yang berbeda pula.


Teori tentang Sanming ( tiga jenis nasib ) mulai dikumandangkan oleh para pengikut Konfusius pada jaman dinasti Han (206 BC – 220 AD). Teori ini mengemukakan bahwa didalam kehidupan seorang manusia ada tiga jenis nasib yang bisa dialaminya. Ketiga jenis nasib tersebut adalah Zheng Ming (nasib sejati ) atau  dikenal juga dengan sebutan Da Ming (nasib Agung). Jenis nasib yang kedua adalah Suiming dan jenis nasib yang ketiga dikenal dengan sebutan Zaoming.


Zhengming atau Daming merupakan jalan nasib yang dianugerahkan oleh “Langit”(Tian) pada seorang manusia. Zhengming merupakan jalan nasib yang telah ditentukan akan terjadi dalam kehidupan seseorang. Didalam istilah Buddhis, Zhengming bisa dijabarkan sebagai karma masa lampau yang telah ditentukan untuk berbuah dalam kehidupan ini.


Zhengming telah ditetapkan sejak seorang manusia dilahirkan dibumi ini. Zhengming

juga dikatakan merupakan pengaruh dari Xiantian yang perencanaannya dilakukan oleh kekuatan yang berada diluar kemampuan manusia. Kita hanya bisa menerima Zhengming dan tidak bisa turut membentuknya. Zhengming inilah yang merupakan jalan nasib yang dianalisa baik oleh ilmu Astrologi Tiongkok Kuno maupun oleh pelajaran Suanming atau ilmu analisa nasib yang terbentuk kemudian.


Jalan nasib yang kedua dikenal dengan sebutan Suiming. Ini merupakan jalan nasib hasil dari perbuatan kita dalam kehidupan ini. Kalau Zhengming merupakan akibat dari karma masa lampau yang akan berbuah dalam kehidupan ini maka Suiming adalah akibat dari karma yang dilakukan sekarang yang bisa kita rasakan dalam kehidupan ini pula.


Sebagai manusia kita tidak berdaya untuk menentukan Zhengming,tapi kita mempunyai kemampuan untuk menentukan Suiming. Atas dasar ini maka pelajaran analisa nasib bisa dikatakan bukan sebagai pelajaran yang bersifat fatalistik. Apabila ada pengertian yang memadai dan kemauan yang kuat,maka dengan nasihat seorang pakar analisa nasib,kita masih mempunyai kesempatan untuk mempengaruhi efek dari Zhengming. Oleh sebab itulah,seorang pakar analisa nasib tidak hanya berkutat untuk menganalisa Zhengming,tapi juga berusaha untuk melihat potensi dari Suiming yang bisa dilakukan oleh seseorang supaya bisa lebih optimal dalam menghadapi efek dari Zhengming yang akan terjadi dalam kehidupan ini. Advanced Bazi analysis,didalam analisanya juga berusaha untuk memperhatikan hal ini.


Jalan nasib yang ketiga dikenal dengan sebutan Zaoming. Dikalangan pakar analisa nasib,istilah Zaoming dijelaskan sebagai jalan nasib dari eksistensi lain yang berpengaruh terhadap Zhengming dan Suiming seseorang. Yang dimaksud dari “Eksistensi lain” adalah eksistensi yang jangkauannya lebih luas atau lebih jauh dari jangkauan seorang manusia biasa. Contoh dari eksistensi lain adalah Negara, Alam, Ras  Bangsa dllnya.


Apabila terjadi bencana alam seperti Tsunami Aceh atau ledakan Bom Nuklir yang maha dasyat seperti yang pernah terjadi Di Jepang, maka semua orang yang tinggal disekitar lokasi terjadinya bencana tersebut akan merasakan efeknya terlepas dari kondisi Zhengming dan Suiming nya sebab Zaoming mempunyai pengaruh yang lebih dominan. Demikian pula halnya,bila terjadi perubahan arah politik suatu negara maka akan banyak pihak yang harus merasakan akibatnya. Ketiga pemerintah Republik Indonesia memberantas Komunis,maka jutaan orang yang disinyalir mempunyai hubungan dengan Partai Komunis Indonesia harus merasakan akibat dari kebijaksanaan politik ini. Demikian pula halnya,ketika Hitler membenci Ras Yahudi,jutaan orang Yahudi yang tinggal didaerah kekuasaannya harus merasakan efeknya. Pembantaian di Kamboja yang dilakukan oleh Khmer Merah atau pembantaian Ras yang terjadi di Yugoslavia dulu juga merupakan contoh-contoh nyata dari cara kerja Zaoming yang akan mempengaruhi jalan hidup dari pihak-pihak yang mengalaminya.


Dari penjelasan ini bisa kita lihat bahwa praktek analisa nasib sesungguhnya bukan merupakan hal yang statis dan sederhana. Masalah ini sesungguhnya merupakan hal yang kompleks dan dinamis. Hanya orang-orang yang benar-benar serius dan mempunyai kemampuan belajar yang memadai saja yang akan mampu mempraktekkannya. Oleh sebab itu,dewasa ini tidak banyak orang yang benar-benar berminat untuk mempelajari Advanced Bazi Analysis. Sebab dalam prakteknya untuk memahami Advanced Bazi Analysis diperlukan pemahaman tentang banyak hal lainnya yang berkaitan dengan Zhengming, Suiming dan Zaoming.

Membaca pekerjaan seseorang adalah suatu cara yang sangat sulit dalam analisa Hasta Aksara. Banyak ahli mengunakan sifat elemen dasar ‘tahun’ sebagai patokan dalam menentukan pekerjaan, cara seperti itu salah besar. Lagi pula sifat elemen dasar hanya ada lima, tidak cukup teliti untuk dapat memberitahukan jenis pekerjaan seseorang yang semikian ruwet di jaman modern ini. 


Misalnya: hanya untuk pekerjaan yang berhubungan dengan ikan saja sudah sulit untuk bisa metransformasikannya dengan lima elemen dasar secara baik. Ikan memang bersifat air, karena selalu berada di dalam air. Tetapi pekerjaan menangkap ikan adalah logam yang bersifat pembunuhan, bukan air. Orang yang menjual ikan berelemen tanah, karena yang dijual dan dimakan adalah dagingnya yang bersifat tanah, juga bukan air. Sang restaurant yang spesial menjual ikan bakar atau ikan goreng lebih dekat kepada elemen api, karena proses pembakarannya mengunakan api, jadi juga bukan air. Sedangkan sang pengumpul ikan dari para nelayan, lalu dijual lagi ke pihak lain adalah pelaku transaksi bisnis (Shengyi) yang bersifat kayu, juga tidak ada hubungannya dengan air. Jadi sangat jelas, sulit bagi kita untuk menjelaskan pekerjaan seseorang hanya dengan sebuah elemen dasar.

Dalam mengamati Ba Zi dan memprakirakan pekerjaan seseorang, umumnya tidak hanya mengunakan sifat elemen dasar saja untuk menerangkan ‘sifat’ pekerjaannya, tetapi juga melibatkan Xiang (gambaran) dari 10 batang langit, 12 cabang bumi, 10 bintang pembantu dan lainnya, sehingga menghasilkan sebuah gambaran yang sangat mendekati pekerjaan yang cocok.



======================================================================

Advanced BA ZI analysis


Para bijaksanawan Tiongkok jaman Kuno berpendapat bahwa apa yang terjadi dilangit akan tercermin pada kehidupan dibumi, termasuk juga pada perjalanan nasib manusia. Oleh sebab itu, dijaman dahulu teknik meramal nasib umumnya didasarkan pada kondisi yang ada dilangit. Hal ini telah kita bahas dalam pembicaraan tentang Astrologi Tiongkok Kuno yang kemudian berkembang menjadi Wuxingfa. Ketika cikal bakal ilmu Bazi disusun,maka pelajaran Wuxingfa pun dijadikan sebagai salah satu dasarnya. Kenyataan ini tetap dijadikan pegangan oleh para praktisi Advanced Bazi Analysis (Gaoteng Bazi Fenxi ). Sampai saat ini,didalam menganalisa bazi mereka masih memperhitungkan pengaruh dari pelajaran Wuxingfa. Secara umum,pengaruh Wuxingfa didalam pelajaran Bazi diwakili oleh teori Shensha. Namun dalam praktek yang sesungguhnya, tanpa mengerti Wuxingfa yang menjadi latar belakangnya kadang-kadang kita sulit mendapatkan gambaran yang jelas dari aplikasi Shensha. Oleh sebab itu,didalam menganalisa ShenSha, Advanced Bazi Analysis umumnya mengacu pada Wuxingfa yang menjadi sumbernya.


Faktor selanjutnya yang dijadikan dasar dari pelajaran Bazi adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi di Bumi sebagai refleksi dari apa yang ada dilangit. Salah satu peristiwa dominan yang diperhitungkan adalah peristiwa yang terjadi akibat pengaruh dari Matahari terhadap elemen-elemen yang ada di Bumi. Ke lima benda langit yang ada di angkasa (Wuxing), dibumi dicerminkan oleh 5 unsur yang kemudian menjadi 10 batang langit (HS/BL) setelah dikombinasikan dengan pengaruh dari Bulan (Yin) dan Matahari (Yang). Ke 12 posisi matahari yang dilihat dari Bumi dengan latar belakang 12 zodiak selama satu tahun perputaran Bumi,disimbolkan oleh 12 Chen yang kemudian menjadi 12 cabang bumi (EB/CB). Selanjutnya interaksi antara 10 BL dan 12 Eb banyak didasarkan pada peristiwa-peristiwa yang terjadi di bumi,baik peristiwa alam maupun peristiwa sosial yang terjadi dalam kehidupan manusia.


Berdasarkan hal ini dapat kita pahami mengapa didalam buku-buku bazi klasik,peristiwa yang terjadi dalam kehidupan manusia disimbolkan oleh peristiwa alam yang menjadi latar belakangnya.Peristiwa alam seperti air yang dapat mengendalikan api dicerminkan dalam kehidupan sosial bagai seorang Pria yang mengendalikan istri atau hartanya. Kayu yang bisa dibentuk oleh logam(Golok dll) menjadi barang yang berguna dicerminkan oleh kegunaan dari sesuatu yang terkendali dll nya. Inilah yang menjadi dasar dari teori 10 dewa yang dikemukakan didalam pelajaran Bazi Ziping.


Seperti yang telah dikemukakan diantara berbagai pengaruh langit,pengaruh matahari dianggap sebagai pengaruh yang paling dominan terhadap berbagai kehidupan yang ada di Bumi. Atas dasar ini,banyak pelajaran CM seperti misalnya Fengshui, Qimen Dunjia dllnya dijabarkan sesuai dengan pengaruh dari matahari. Didalam pelajaran Bazi Pengaruh dari matahari dibahas didalam buku Lan Jiang Wang, Zao Hua Yuen Ji atau Qiongtong Baojian dllnya. Dilengkapi dengan pembahasan yang ada dalam buku Ditiansui tentang 10 BL ,kedua jenis buku ini merupakan acuan pertama yang diaplikasikan dalam Advanced Bazi Analysis. Dari pembahasan awal ini bisa didapatkan gambaran yang cukup jelas  mengenai kondisi umum atau garis besar dari bazi yang dianalisa.



Selanjutnya gambaran umum ini difokuskan menjadi lebih spesifik lagi dengan memakai teori struktur bazi, teori 10 Dewa, teori Shensha dllnya seperti yang dimuat didalam buku-buku klasik Ziping Zhen Jie, Yuan Hai Ziping dan lain-lainnya.


Tujuan dari analisa ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang “Grade” dari orang yang bersangkutan serta kondisi-kondisi lain yang melengkapinya. Seperti yang telah kita bahas,penentuan Grade dari suatu Bazi merupakan “Prioritas” yang dilakukan oleh para pakar bazi sejak awal kemunculannya. Berbagai peristiwa yang dialami oleh seseorang baru mempunyai arti yang jelas bila ditinjau berdasarkan latar belakang dari Grade yang dimilikinya.

Orang yang kekayaannya hanya sepuluh juta tentu akan merasa mengalami kerugian yang sangat besar apabila harus kehilangan uang sebanyak lima juta. Sebaliknya,bagi seorang milyader,hal ini mungkin tidak akan memberikan dampak yang nyata. Tanpa mengetahui Grade dari orang yang dianalisa,efek dari kehilangan uang sebanyak lima juta kurang bisa diketahui dengan jelas. Oleh sebab itu dikemukakan bahwa efek dari suatu peristiwa yang dialami oleh seseorang baru bisa dipahami dengan jelas bila ditinjau dari sudut pandang Grade yang dimiliki olehnya.


Pentingnya mengetahui kondisi Grade seseorang akan kita lihat dari beberapa contoh kasus nyata yang akan dikemukakan nanti.


Tujuan utama lainnya dari Advanced Bazi Analysis adalah untuk membantu seseorang memahami kondisi dirinya dengan lebih jelas.Banyak problem yang dialami oleh manusia yang disebabkan karena kurangnya pengertian terhadap berbagai kondisi kehidupan yang dijalankannya. Dengan memahami kondisi diri kita secara lebih jelas,maka kondisi batin kita akan terkoneksi dengan baik. Hal ini akan membantu kita utk menjalankan kehidupan ini dengan lebih mantap serta mempunyai rasa percaya diri dan rasa aman yang lebih kuat. Selanjutnya hal ini akan membebaskan kita dari berbagai gangguan yang sebenarnya tidak perlu dijadikan beban. Pemahaman tentang diri pribadi berarti juga pemahaman akan karakter utama yang kita miliki. Pada gilirannya,seperti yang sekarang telah banyak dikemukakan oleh pakar Psikologi Modern,Karakter utama ini akan turut menentukan nasib seseorang.


Disamping kedua masalah tsb yaitu Grade dan pemahaman diri pribadi,masih banyak hal lain yang bisa diperoleh dari analisa Bazi. Namun manfaat dari dua hal tsb,bila bisa diaplikasikan dengan baik,sudah dapat mengemukakan banyak hal yang berharga dalam kehidupan ini.


Jadi kesimpulannya,didalam Advanced Bazi Analysis,pertama-tama bazi dianalisa berdasarkan teori-teori yang dimuat didalam buku-buku Lan Jiang Wan, Qiongtong Baojian, Zoa Hua Yuen ji,Ditiansui dan sejenisnya. Hasil analisa ini lalu difokuskan lagi dengan memakai teori-teori yang dimuat didalam buku-buku Ziping Chen Jie, Yuan Hai Ziping dllnya. Dari buku-buku tsb secara implisit bisa diketahui berbagai Yongshen yang ada pada suatu Bazi. Dari Yongshen inilah bisa ditentukan Grade dan karakter-karakter utama lainnya yang pengaruhnya sangat dominan terhadap kehidupan seseorang. Bila ada hal-hal yang masih kurang jelas,maka hasil analisa ditinjau lagi dengan latar belakang pelajaran Wuxingfa.


Secara umum,setelah bazi dianalisa dengan cara diatas maka akan didapatkan gambaran yang cukup jelas tentang faktor-faktor utama yang sangat dominan pengaruhnya terhadap perjalanan nasib seseorang seperti misalnya faktor Grade, Kelemahan dan kelebihan-kelebihannya, kebiasaan-kebiasaan yang dominan dan berbagai kondisi utama lainnya.

======

Promo= Paket analisa Ba Zi, hoki jam lahir, usaha yang cocok untuk Anda, FengShui, potensi diri, berbayar, lengkap dengan penjelasan yang sangat lengkap (contoh dibawah hanya sebagian mengingat keterbatasan tempat), hanya Rp. yang sangat terjangkau bagi Anda.

Data yang dibutuhkan = jam lahir, nama lahir, nama panggilan, gol. darah.

kirim ke email calvin_genna@yahoo.com

Pembayaran melalui ATM.

Pekerjaannya 1-2 hari dimulai sejak dana sudah masuk  .


contoh


FAQ tentang BaZi


-Apakah BaZi berhubungan dengan klenik atau suatu agama/kepercayaan ?

Tidak ada unsur agama/kepercayaan/klenik didalamnya, BaZi adalah ilmu astrologi Tiongkok kuno yang sangat ilmiah, universal, menggunakan perhitungan matematika dan memiliki unsur statistik di dalamnya, dimana untuk menyempurnakan ilmu ini telah dilakukan riset sejak ribuan tahun lamanya. Data dan hasil analisis BaZi tidak dipengaruhi oleh apa agama atau kepercayaan Anda atau praktisinya.


-Apakah BaZi harus menggunakan tanggal lahir dari penanggalan Imlek/China (Lunar Calendar) ?

Tidak. Teknik Perhitungan BaZi menggunakan penanggalan Matahari (Solar Calendar/Yang Li), yaitu berdasarkan pada rotasi bumi mengelilingi matahari. Sedangkan penanggalan Imlek/Tionghoa (Lunar Calendar/Nong Li) didasarkan pada rotasi bulan mengelilingi bumi. Ada perbedaan besar antara dua penanggalan ini, sehingga jika menggunakan penanggalan Imlek untuk menghitung BaZi, maka ada kemungkinan kesalahan dalam analisis.

Akan tetapi bila Anda hanya ingat tanggal lahir imlek/lunar maka kami bisa mengkonversi/merubahnya menjadi tanggal lahir Gregorian/Masehi agar dapat dianalisis.


-Bagaimana jika saya tidak mengetahui tanggal lahir saya ?

Maaf sekali, tanpa data tanggal lahir yang akurat, kami tidak bisa memberikan konsultasi analisis BaZi. Bila ternyata Anda ingat tanggal lahir asli tapi lupa jam lahirnya, maka keakuratan akan berkurang menjadi 50% saja. Meskipun tetap lebih baik jika ada analisis BaZi, kami tetap bisa membantu mengoptimalkan kehidupan Anda dengan konsultasi Feng Shui. Untuk mengetahui Apa itu Feng Shui, silahkan cek penjelasan di web kami tentang Apa itu Feng Shui.


-Bagaimana jika saya tidak mengetahui jam lahir saya secara sangat tepat sekali?

Anda tidak perlu khawatir, yang digunakan dalam analisis BaZi adalah dalam satuan 2 jam (misal: jam 01.00-02.59; 03.00-04.59, dst), jadi selama jam lahir yang diberikan berada dalam kisaran dua jam, sudah cukup untuk dilakukan analisis.


-Apakah benar jika orang lain mengetahui data BaZi saya, saya bisa diguna-guna ?

Tidak, jika dengan BaZi bisa melakukan guna-guna, maka orang-orang terkenal atau penting misalnya presiden/politikus/selebritis yang data tanggal lahirnya tersebar di dunia informasi, akan berada dalam bahaya. Mereka akan mudah dicelakai oleh musuh atau saingannya. Walaupun demikian, kami sebagai konsultan akan menjamin kerahasiaan data pribadi BaZi Anda, karena data tersebut merupakan data pribadi yang bersifat rahasia dan menyangkut privasi seseorang.


-Apakah Analisis BaZi bisa mengubah hidup saya ?

Analisis BaZi dapat memberikan informasi tambahan untuk membantu pengambilan keputusan dalam kehidupan Anda. Tetapi dalam pelaksanaannya, tetap Anda sendiri yang berperan penting. Hasil analisis BaZi bisa dianalogikan sebagai alat bantu, hasil akhirnya tergantung pada bagaimana Anda menggunakan alat tersebut.


-Bagaimana jika hasil penghitungan/pembacaan BaZi saya kurang bagus ?

Jangan takut atau khawatir, karena Nobody is perfect, selalu ada kemungkinan hasil (potensi) yang kurang bagus dalam analisis. Tetapi Anda tidak perlu khawatir mengenai hasil analisisnya. Yang dikhawatirkan adalah jika tidak ada solusi apabila ada hasil yang kurang bagus.  kami akan berusaha untuk membantu Anda memberikan solusi untuk mengoptimalkan hidup Anda.

Informasi/potensi yang kurang bagus jika diketahui lebih dulu, memberikan nilai plus di mana Anda bisa lebih siap dan mampu mengantisipasi hal buruk yang mungkin terjadi, sedangkan informasi/potensi yang bagus akan lebih memotivasi kita untuk berusaha lebih giat lagi. Sedia payung sebelum hujan, yang mungkin akan turun atau tidak.


-Apakah BaZi 100% Akurat ?

Relatif, karena keakuratan hasil analisis bergantung pada keakuratan data tanggal lahir Anda (jam, hari, bulan, dan tahun) dan lokasi tempat Anda lahir serta ingatan Anda tentang histori kehidupan Anda sendiri (saat terbaik dan terburuk dalam kehidupan Anda), untuk mengkonfirmasi data kelahiran yang Anda berikan benar atau tidak. 

Advertisements