Menurut filosofi Tiongkok Kuno, waktu bukanlah konstan seperti yang diyakini oleh filsafat Barat, tetapi waktu mempunyai peredaran, sehingga jam 6.00 pagi kemarin dengan jam 6.00 hari ini tidak sama, melainkan ada perbedaan . Diibaratkan sebuah komposisi musik, maka jam 6.00 pagi kemarin mempunyai nada yang berbeda dengan jam 6.00 pagi hari ini. Dan juga waktu dalam tingkatan tahun akan mempunyai 60 tahun yang berbeda-beda, yaitu sexagenary cycle. Dan waktu juga mempunyai geografi.

Batang Langit

Pepatah mengatakan= Anda tidak akan bisa menyeberangi sungai yang sama dua kali. 


-Mengapa demikian? Bukankah saya bisa menyeberangi sungai yang sama berkali-kali di titik yang sama persis dan bahkan tak terhitung berapa kali.


+Ya, tapi AIR nya sudah bukan air yang waktu itu, dan WAKTU nya sudah bukan waktu yang itu, Air telah mengalir diganti air yang baru, demikian juga waktu.

Dari waktu yang berjalan, yaitu jam, hari, bulan, tahun, akan mempunyai ukuran sendiri-sendiri. Dan mempunyai unsur sendiri-sendiri. Waktu juga memiliki geografi, jadi waktu yang tercatat di belahan bumi utara dengan waktu yg sama di belahan bumi selatan, mempunyai konfigurasi konstelasi planet tembakan bintang yang berbeda. Demikian pula antara suatu wilayah di belahan bumi barat atau timur juga berbeda, misalnya di waktu Indonesia Barat, (WIB) mempunyai perbedaan dengan WITA (waktu Indonesia bagian Tengah) dan WIT (waktu Indonesia Timur) dalam menentukan lambang waktunya dan unsur waktunya.

Cabang Bumi

Hitungan tsb dirumuskan dalam 10 Batang Langit dan 12 Cabang Bumi untuk  jam, hari, bulan, tahun dan serta dikombinasikan dengan geografi dari waktu tsb karena lahir di London dengan lahir di Samoa akan berbeda tembakan bintang dan planetnya walaupun lahir pada detik yang sama. Dan waktu lahir tsb juga harus diperhatikan unsurnya dan arahnya dan unsur dari arahnya.

24 Gunung

Ke 10 Batang Langit dan 12 Cabang Bumi adalah sakaguru pengetahuan Astrologi Cina. Dalam tanggalan tahunan dari siklus 60 tahunan, masing-masing Batang Langit menampilkan 6 waktu sementara masing-masing Cabang Bumi menampilkan 5 waktu.

Dalam sistem Cina, setiap tahun memiliki nama yang mengandung 2 karakter. Satu karakter mengacu pada Batang Langit sementara karakter yang lain mengacu pada Cabang Bumi. Nama tahun juga menyatakan KARAKTER TAHUN dari sistem Ba Zi untuk menganalisa keberuntungan bawaan lahir. Keberuntungan ini selalu bergerak dan berpindah setiap waktu sebagai keberuntungan yang dinamis, ada waktu-waktu puncak dan ada waktu waktu palung / dasar / puruk.

Dari sana akan diketahui kegiatan apa yang dapat meningkatkan atau menurunkan keberuntungan.

Stem = Batang Langit, Branch = Cabang Bumi.


10 Batang Langit :

1. Jia :  Kayu 甲

2. Yi :  Kayu 乙

3. Bing :  Api 丙

4. Ding :  Api 丁 

5. Wu : Tanah 戊

6. Ji :  Tanah 己 

7. Geng : Logam 庚 

8. Xin : Logam 辛

9. Ren : Air 壬

10. Gui : Air 癸

 

12 Cabang Bumi :

1. Zi  :  Tikus  :  Air

2. Chou  :  Kerbau  :  Tanah

3. Yin  :  Macan  :  Kayu

4. Mao  :  Kelinci :  Kayu

5. Chen  :  Naga  :  Tanah

6. Si  :  Ular :  Api

7. Wu  :  Kuda  :  Api

8. Wei  :  Kambing  :  Tanah

9. Shen  :  Monyet  :  Logam

10. You  :  Ayam  :  Logam

11. Xu  :  Anjing : Tanah

12. Hai  :  Babi  :  Air

 

Ten Directions

正印 Zheng Yin

偏印 Pian Yin

正官 Zheng Guan

偏官 Pian Guan

伤官 Shang Guan

食神 Shi Shen

正财 Zheng Cai

偏财 Pian Cai

比肩 Bi Jian

劫财 Jie Cai

Hal berikutnya yang harus dipahami adalah bulan Cina yang berdasarkan pada peredaran bulan (lunar). Jika menurut teori, 1 (satu) bulan memiliki 29,5 hari; maka dalam 1 (satu) tahun akan ada Bulan Besar (30 hari), dan Bulan Kecil (29 hari). Selain itu, Tahun Lunar dapat juga terdiri dari 12 atau 13 bulan. Ini terjadi karena setiap tiga setengah tahun akan ada salah satu bulan yang terulang. Istilahnya bulan Lun. Setiap bulan memiliki gabungan Batang Langit dan Cabang Bumi sendiri-sendiri. Hal yang sama juga berlaku bagi setiap hari dari bulan; dan setiap jam dari hari. Gabungan Batang Langit dan Cabang Bumi dari tahun, bulan, tanggal, dan jam kelahiran seseorang akan memperkaya ke8 karakter dari daftar tersebut di atas. Inilah sistem Ba Zi yang terkenal tentang analisa nasib yang begitu kuat dan tepat. Meski demikian, rumusan untuk memeriksa ke8 karakter ini dibutuhkan tanggalan ribuan tahunan Cina yang tidak tercantum di sini. Sebagai analisa hubungan interaksi, cukup dengan menganalisa unsur tahunan saja.

BATANG  DAN CABANG PERUNTUNGAN

Sifat dasar pribadi awalnya digolongkan sesuai dengan Cabang Bumi (binatang) dari tahun kelahiran. Jika seseorang dilahirkan Dalam tahun yang dikuasai Cabang Zi, maka dapat dipastikan orang tersebut dilahirkan dalam Tahun Tikus dan akan memiliki karakteristik umum yang menguasai kepribadian yg ada pada orang shio Tikus.


Meskipun demikian, Dalam siklus 60 tahunan mana saja, tahun Tikus muncul 5 kali, masing-masing dengan Batang Langit yang berlainan. Karena itu dapat saja menjadi TIKUS KAYU, TIKUS API, TIKUS TANAH, TIKUS LOGAM, ataupun TIKUS AIR. Kelengkapan sifat dan kepribadian dari ke5 Tikus yang berbeda ini juga akan berlainan. Hal ini juga berlaku demikian untuk ke 11 shio lainnya.

Dalam meneliti persesuaian, diperlukan untuk meneliti terlebih dahulu afinitas-nya sesuai dengan Cabang Bumi saja. Untuk bisa berhasil melakukannya, sebagai permulaan sebaiknya cukup membaca bagian ke 12 binatang dan meneliti kedua karakter yang membentuk NAMA tahun. Dengan penambahan Batang Langit, semua analisa unsur penting akan diperhitungkan Dalam pembacaan persesuaian.


Untuk meneliti kemungkinan jangka panjang dari pasangan, dianjurkan juga untuk meneliti waktu dan bulan kelahirannya. Hal ini mudah dilakukan karena tabel dan informasi terkait telah tercantum Dalam halaman berikut. Yang tidak tercantum adalah Karakter Batang Langit dan Cabang Bumi yang berlaku bagi angka tanggal kelahiran. Hal tersebut sengaja tidak dicantumkan karena sepertinya tidak mungkin Anda akan meneliti berbagai gabungan tanggal lahir seseorang terhadap semua tanggal; dalam 1000 tahun terakhir! Tanggal tidak akan mempengaruhi bagian penting dari analisa yang didasarkan pada karakteristik yang dipengaruhi tahun kelahiran.

BINATANG HOROSKOP CINA

Keaslian horoskop Cina telah hilang ditelan waktu. Meskipun kita tahu bahwa para astrolog Timur telah mempraktekkan seni horoskop sejak ribuan tahun silam; bahkan sampai masa kini.; namun Astrologi Cina tetap mempesona serta membangkitkan minat kita untuk mempelajari.

Dalam Astrologi Cina ada 12 shio yang dinamakan menurut 12 hewan yang berbeda. Mereka adalah Tikus, diikuti oleh Kerbau, Macan, Kelinci, Naga, Ular, Kuda, Kambing, Monyet, Ayam, Anjing, dan Babi. Sesuai dengan lambang pada Cabang Bumi.

Sebagai kombinasi untuk 12 lambang zodiak Cina, dengan 5 elemen, akan menjadi 60 macam zodiac mulai dari Tikus Kayu sampai Babi Air (60 kombinasi) . 60 tahun juga merupakan satu siklus sexagenary cycle, dan sifat orang-orang yang lahir dlm tahun yang berlambang sama dicatat kesamaannya, tetapi untuk mendapatkan pendekatan yang paling akurat adalah menggunakan perhitungan Ba Zi..

Untuk menemukan lambang yang sesuai dengan waktu kelahiran Anda, silahkan mencarinya Dalam daftar “Tahun tahun Cina”. Lantaran Tahun Cina didasarkan pada tahun Komariah (sekitar 354,5 hari) atau sesuai perhitungan bulan, dan belum dimulai sampai akhir Januari atau awal Februari, sangat penting bagi seseorang yang dilahirkan di antara bulan-bulan tersebut untuk memeriksa secara cermat tanggal-tanggal menurut tahun Cina.

Dalam lampiran buku ini dimasukkan juga dua analisa yang memperlihatkan kecocokan hubungan di antara lambang, baik hubungan pribadi maupun hubungan bisnis; dan rincian-rincian tentang lambang-lambang yang dipengaruhi jam-jam yang berbeda beda setiap hari. Dari daftar ini Anda mungkin menemukan zodiak dan elemen Anda, kesemuanya ini memiliki pengaruh yang sangat penting pada pribadi Anda.

Semua binatang dalam Astrologi Cina ini telah digunakan sejak awal mulanya tercatat secara resmi Dalam masa pemerintahan Kaisar Huang Ti, sekitar tahun 2637 SM. Jadi telah berlaku selama hampir 46 abad atau 4600 tahun.

Tabel tahun kelahiran Lunar di atas dan Dalam 2 halaman sebelumnya akan memungkinkan siapa pun untuk menetapkan masing-masing binatang atau Cabang Bumi yang menguasainya.

Kisaran tanggal tahun awal dan tahun akhir memungkinkan peralihan dari tanggal kelahiran tanggalan Barat dan untuk dapat menetapkan lambang binatang dengan benar. Tabel ini juga mencantumkan unsur HS/EB (unsur Batang Langit / Cabang Bumi). Ini mengacu pada unsur Batang Langit dan Cabang Bumi dan merupakan informasi tersendiri yang sangat bermanfaat karena gabungan unsur ini memberikan petunjuk seketika tentang kesesuaian dan peruntungan berdasarkan analisa unsur siklus.

TABEL TAHUN KELAHIRAN LUNAR

Cara terbaik untuk menggunakan tabel ini adalah kita harus lebih dahulu menentukan lambang binatang yang menguasai tahun kelahiran. Perhatikan juga bahwa masing-masing binatang ini memiliki unsur yang menguasai dan tidak berubah. Maka Tikus dianggap mewakili unsur Air, Naga dianggap sebagai unsur Tanah, Kuda adalah Api, Monyet adalah Logam, dan sebagainya. Meski demikian, kalau disesuaikan dengan unsur yang diwakili oleh tangkai nirwana tertentu dari tahun kelahiran, unsur, atau lebih tepatnya gabungan unsur menjadi petunjuk tambahan yang sangat penting bagi kecenderungan karakter, baik positif maupun negatif.

Oleh sebab itu, saat pertama kali menggunakan tabel, sebaiknya anda menggunakannya untuk menentukan kesesuaian dengan lambang binatang milik anda sendiri dan milik orang yang sedang anda teliti. Namun jangan berhenti hanya sampai disini. Anda juga harus meneliti kesesuaian yang diwakili oleh Batang Langit dari tahun kelahiran.

CONTOH: Anda akan menemukan dari tabel afinitas bahwa naga dan anjing adalah musuh bebuyutan. Keduanya pada umumnya tidak mau saling memperhatikan. Walau demikian, kalau Anda menggali lebih Dalam lagi, anda akan menemukan bahwa yang satu adalah Naga Kayu sedang yang lainnya adalah Anjing Api. Jika keduanya berpasangan, mungkin saja akan menjadi baik karena Kayu menghasilkan Api.

Maka Batang Langit akan lebih berlaku daripada Cabang Bumi (dan biasanya memang demikian, karena pengaruh Langit seringkali lebih kuat daripada pengaruh bumi dlm hal nasib). Dengan kaidah yang sama, kalau kita mendalami gabungan naga kayu dan anjing logam, ketidaksesuaian akan semakin tinggi karena unsurnya saling bertentangan (karena logam menghancurkan kayu). Padanan seperti ini akan sangat tidak menguntungkan, dan akan sangat menghancurkan, sebab itu lebih baik dihindari.

========================================================

Promo= Paket analisa Ba Zi, hoki jam lahir, usaha yang cocok untuk Anda, FengShui, potensi diri, berbayar, lengkap dengan penjelasan yang sangat lengkap (contoh dibawah hanya sebagian mengingat keterbatasan tempat), hanya Rp.  yang sangat terjangkau bagi Anda.


Data yang dibutuhkan = jam lahir, nama lahir, nama panggilan, gol. darah.kirim ke email calvin_genna@yahoo.comPembayaran melalui ATM. hasil dikirim melalui email. testimoni terlampir

Pekerjaannya 1-2 hari dimulai sejak dana sudah masuk .

contoh sebagian hasil analisa

Menghitung Bazi 

Dalam cara menghitung Ba Zi Yang harus Anda ketahui adalah tanggal dan jam kelahiran Anda, baik dalam penanggalan internasional, maupun Imlek.

PILAR TAHUN

Menghitung Batang Langit.

Rumus: (T-1924):10, lalu cari sisanya berapa.

Catatan: T = tahun kelahiran Anda.

• Jika sisa 0, maka batang langit = Jia

• Jika sisa 1, maka batang langit = Yi

• Jika sisa 2, maka batang langit = Bing

• Jika sisa 3, maka batang langit = Ding

• Jika sisa 4, maka batang langit = Wu

• Jika sisa 5, maka batang langit = Ji

• Jika sisa 6, maka batang langit = Geng

• Jika sisa 7, maka batang langit = Xin

• Jika sisa 8, maka batang langit = Ren

• Jika sisa 9, maka batang langit = Gui

CARA CEPAT: Boleh hanya melihat angka digit satuan hasil pengurangan T-1924.

Menghitung Cabang Bumi

Rumus: (T-1924): 12, lalu dicari sisanya berapa.

Catatan: T = tahun kelahiran Anda.

• Jika sisa 0, maka cabang bumi = Zi

• Jika sisa 1, maka cabang bumi = Chou

• Jika sisa 2, maka cabang bumi = Yin

• Jika sisa 3, maka cabang bumi = Mao

• Jika sisa 4, maka cabang bumi = Chen

• Jika sisa 5, maka cabang bumi = Si

• Jika sisa 6, maka cabang bumi = Wu

• Jika sisa 7, maka cabang bumi = Wei

• Jika sisa 8, maka cabang bumi = Shen

• Jika sisa 9, maka cabang bumi = You

• Jika sisa 10, maka cabang bumi = Xu

• Jika sisa 11, maka cabang bumi = Hai.

CATATAN PENTING: Jika Anda dilahirkan sebelum tahun pergantian tahun Imlek, maka Anda termasuk dalam tahun sebelumnya.

PILAR BULAN

 Menghitung Batang Langit

Pakai bulan Imlek

(((T-1924)x12)+B):10, dicari sisanya berapa.

Catatan: T = tahun kelahiran Anda.

B=Bulan Imlek kelahiran anda.

• Jika sisa 0, maka cabang bumi = Bing

• Jika sisa 1, maka cabang bumi = Ding

• Jika sisa 2, maka cabang bumi = Wu

• Jika sisa 3, maka cabang bumi = Ji

• Jika sisa 4, maka cabang bumi = Geng

• Jika sisa 5, maka cabang bumi = Xin

• Jika sisa 6, maka cabang bumi = Ren

• Jika sisa 7, maka cabang bumi = Gui

• Jika sisa 8, maka cabang bumi = Jia

• Jika sisa 9, maka cabang bumi = Yi

Menghitung Cabang Bumi

(((T-1924)x12)+B):12, dicari sisanya berapa.

Keterangan: T = tahun kelahiran

B = bulan Imlek kelahiran

• Jika sisa 0, maka cabang bumi = Yin

• Jika sisa 1, maka cabang bumi = Mao

• Jika sisa 2, maka cabang bumi = Chen

• Jika sisa 3, maka cabang bumi =Si

• Jika sisa 4, maka cabang bumi = Wu

• Jika sisa 5, maka cabang bumi = Wei

• Jika sisa 6, maka cabang bumi = Shen

• Jika sisa 7, maka cabang bumi = You

• Jika sisa 8, maka cabang bumi = Xu

• Jika sisa 9, maka cabang bumi = Hai

• Jika sisa 10, maka cabang bumi = Zi

• Jika sisa 11, maka cabang bumi = Chou

PILAR HARI

Menghitung Batang Langit

(330 + [(T-1925)x365]+N+H):10, dicari sisanya berapa.

Keterangan:

T = Tahun kelahiran

N=Jumlah tahun kabisat antara tahun kelahiran Anda dengan tahun 1924.

H=Jumlah hari hingga tanggal kelahiran Anda dihitung dari awal tahun.

• Jika sisa 0, maka batang langit = Jia

• Jika sisa 1, maka batang langit = Yi

• Jika sisa 2, maka batang langit = Bing

• Jika sisa 3, maka batang langit = Ding

• Jika sisa 4, maka batang langit = Wu

• Jika sisa 5, maka batang langit = Ji

• Jika sisa 6, maka batang langit = Geng

• Jika sisa 7, maka batang langit = Xin

• Jika sisa 8, maka batang langit = Ren

• Jika sisa 9, maka batang langit = Gui

Menghitung Cabang Bumi

(330 + [(T-1925)x365]+N+H):12, dicari sisanya berapa.

T = Tahun kelahiran

N=Jumlah tahun kabisat antara tahun kelahiran Anda dengan tahun 1924.

H=Jumlah hari hingga tanggal kelahiran Anda dihitung dari awal tahun.

• Jika sisa 0, maka cabang bumi = Yin

• Jika sisa 1, maka cabang bumi = Mao

• Jika sisa 2, maka cabang bumi = Chen

• Jika sisa 3, maka cabang bumi =Si

• Jika sisa 4, maka cabang bumi = Wu

• Jika sisa 5, maka cabang bumi = Wei

• Jika sisa 6, maka cabang bumi = Shen

• Jika sisa 7, maka cabang bumi = You

• Jika sisa 8, maka cabang bumi = Xu

• Jika sisa 9, maka cabang bumi = Hai

• Jika sisa 10, maka cabang bumi = Zi

• Jika sisa 11, maka cabang bumi = Chou

 PILAR JAM

Dalam mencari pilar jam, kita harus mencari dulu cabang buminya, yang tidak ada rumus tertentu namun berpatokan pada ketentuan yang gampang diingat:

Jam 23.00-01.00 cabang buminya Zi.

Jam 01.00-03.00 cabang buminya Chou

Jam 03.00-05.00 cabang buminya Yin

Jam 05.00-07.00 cabang buminya Mao

Jam 07.00-09.00 cabang buminya Chen

Jam 09.00-11.00 cabang buminya Si

Jam 11.00-13.00 cabang buminya Wu

Jam 13.00-15.00 cabang buminya Wei

Jam 15.00-17.00 cabang buminya Shen

Jam 17.00-19.00 cabang buminya You

Jam 19.00-21.00 cabang buminya Xu

Jam 21.00-23.00 cabang buminya Hai

Jadi jika Anda terlahir pada jam 22.15, maka cabang bumi pilar jam Anda adalah Hai.

Kini setelah mengetahui cabang bumi pilar jam Anda, barulah Anda dapat mengetahui batang langit pilar jam Anda.

• Untuk batang langit bulan kelahiran Jia dan Ji, maka batang langit pada waktu jam Zi adalah Jia, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.

• Untuk batang langit bulan kelahiran Yi dan Geng, mata batang langit pada waktu jam Zi adalah Bing, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.

• Untuk batang langit bulan kelahiran Bing dan Xin, maka batang langit pada waktu Jam Zi adalah Wu, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.

• Untuk batang langit bulan kelahiran Ding dan Ren, maka batang langit pada waktu jam Zi adalah Geng, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.

• Untuk batang langit bulan kelahiran Wu dan Gui, maka batang langit pada waktu jam Zi adalah Ren, untuk jam selanjutnya dapat diurutkan sendiri.

Nah dengan demikian, lengkap sudah keempat pilar pada diagram Bazi Anda.

CONTOH:

Kita hendak mencari diagram bazi bagi tanggal 15 Juli 1985 jam 14.54 (tanggal Imlek adalah 28 bulan 5).

A. PILAR TAHUN

Kita cari telebih dahulu batang langit pilar tahunnya.

Gunakan rumus:

(T-1924):10

(1985-1924): 10 = 6 sisa 1; jadi batang langitnya adalah YI.

Cara cepat boleh melihat digit terakhir hasil pengurangan 1985-1924, yakni 61. Digit terakhir atau satuannya adalah 1.

Lalu cari cabang bumi pilar tahunnya, yakni dengan rumus.

(T-1924):12; hasilnya adalah 5 sisa 1, maka cabang buminya adalah CHOU.

Jadi tahun 1985, pilar tahunnya adalah YI CHOU.

B. PILAR BULAN

Bulan Imleknya adalah 5. Untuk menentukan batang langit pilar bulannya, gunakan rumus:

(((T-1924)x12)+B):10

(((1985-1924)x12)+5): 10 = 737: 10 = 73 sisa 7. Maka batang langitnya adalah GUI

Kini mencari cabang buminya dengan rumus

(((T-1924)x12)+B):12, maka hasilnya 61 sisa 5. Maka cabang buminya adalah WEI

Jadi pilar bulannya adalah GUI WEI.

C. PILAR HARI

Untuk mencari batang langit pilar harinya, pergunakan rumus:

(330 + [(T-1925)x365]+N+H):10

N adalah jumlah tahun kabisat antara 1985 dan 1924. Caranya bisa dengan mencari selisih 1985-1924 dan membaginya dengan 4, lalu dibulatkan ke bawah. Hasil adalah 15 (61 dibagi 4 sama dengan 15,25 yang dibulatkan menjadi 15). Jadi ada 15 tahun kabisat antara 1985 dan 1924 (N=15).

Selanjutnya kita mencari nilai H. Kita hitung berapa hari yang telah berlalu semenjak awal tahun (1 Januari 1985 hingga 15 Juli 1985). Perhitungannya adalah sebagai berikut:

31 + 28 (1985 bukan tahun kabisat) + 31 + 30 + 31 + 30 + 15 = 196.

Kini tinggal kita masukkan ke dalam rumus:

(330 + [(60)x365]+15+196):10 = 22441:10 2244 sisa 1, jadi Batang Langitnya adalah YI

Kini mencari cabang bumi pilar hari, yakni dengan rumus:

(330 + [(60)x365]+15+196):12 = 1870 sisa 1, jadi cabang buminya adalah MAO.

Pilar harinya dengan demikian adalah YIMAO

D. PILAR JAM

Lahir pada pukul 14.54, berarti cabang buminya adalah WEI. Batang langit pilar bulan adalah YI. Maka batang langit pada jam Zi adalah Bing. Tinggal diurutkan saja.

Zi-Bing; Chou-Ding; Yin-Wu; Mao-Ji; Chen-Geng; Si-Xin; Wu-Ren; Wei-Gui.

Jadi pilar jamnya adalah GUIWEI.

Kini bazi tanggal tersebut dapat kita susun sebagai berikut:

JAM HARI BULAN TAHUN

Gui Yi Gui Yi

Wei Mao Wei Chou

demikianlah cara menghitung ba zi semoga bermanfaat
Advertisements